Jakarta Heboh gegara Kloset Jongkok Meledak  Mengluarkan Api,  Warga di Dalam WC Alami Luka Bakar Warpada Bisa Kejadian di Rumah Kamu

(Dok. Damkar/suara.com)

JAKARTA (SURYA24.COM)  Peristiwa meledaknya kloset atau WC Jongkok milik seorang warga di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur viral di media sosial. Peristiwa tersebut terjadi pada Jumat (3/3/2023) pagi saat kloset hendak digunakan.

    Kejadian tersebut bermula ketika korban perempuan berinisial E (57) sedang berada di kamar mandi. Tiba tiba kloset atau wc jongkok tersebut meledak dan mengeluarkan api tanpa diketahui penyebabnya.

   Akibat ledakan tersebut, bagian kloset jongkok terangkat ke atas dan kaki korban terkena api.

   Selanjutnya korban pun dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

Sementara itu, tulis suara.com, saat petugas pemadam kebakaran tiba lokasi kejadian, api yang sempat keluar dari kloset tersebut telah padam.

 

Adapun penyebab meledaknya kloset tersebut diduga akibat adanya gangguan saluran gas.

   Kabar tentang meledaknya kloset di salah satu rumah warga tersebut turut menghebohkan warganet.

   Sejumlah warganet menanggapi serius kejadian naas tersebut, sementara sebagian lain justru menjadikannya sebagai bahan guyonan.

   "Mungkin pipa udaranya yang ada di luar buntu or ketutup suatu benda" ujar warganet.

   "Itu septictank ga ada lobang angin pasti, makanya gas amonia hasil alahan bakteri dari pup ga bisa keluar jd menimbulkan ledakan" kata netizen.

   "Mungkin pupup nya mengandung bahan nuklir" kata warganet.

     "Lapor pertamina, terindikasi ada kandungan gas. Biar bisa di eksplorasi rumahnya. Lumayan biaya pelepasan lahannya gede" kelakar seorang warganet.

Alami Luka Bakar

    Terkait kejadian itu, Kasi Ops Sudin Gulkarmat Jakarta Timur Gatot Sulaeman mengatakan, kejadian bermula ketika penghuni rumah yang bernama Eli (57) tengah berada di dalam kamar mandi.

     "Korban sedang berada di kamar mandi, tiba-tiba kloset jongkok meledak dan mengeluarkan api tanpa diketahui penyebabnya," ujarnya dalam keterangan tertulis seperti dilansir cnnindonesia.com.

   Gatot mengatakan berdasarkan dugaan awal, kloset tersebut meledak diakibatkan saluran pembuangan gas yang tidak baik.

   Akibat kejadian itu, ia mengatakan, Eli mengalami luka bakar pada bagian kakinya lantaran terkena percikan api yang keluar saat kloset meledak.

 

    "Bagian kloset jongkok terangkat ke atas dan kaki korban terkena api dari bagian kloset," tuturnya.

    Sebanyak 1 unit dan 3 personel damkar dikerahkan ke lokasi untuk melakukan penanganan. Beruntung akibat ledakan itu tak terjadi perambatan api.

   "Petugas datang sudah tidak ada penyalaan api. Korban sudah dibawa ke RS Duren sawit, petugas hanya mengambil data dokumentasi," pungkasnya.

Ini Penyebabnya 

   Terkuak cerita yang menjadi sorotan belakangan ini terkait dengan kloset yang meledak di Jakarta Timur. Hal ini mungkin bisa menjadi gelak tawa, tetapi kenyataannya kloset yang menjadi tempat untuk membuang air baik itu besar ataupun kecil faktanya memang bisa meledak.

   Pada saat kloset meledak, cerita ini bukan lagi menjadi bahan tertawaan tetapi justru harus menjadi sebuah imbauan yang perlu diperhatikan.

    Kasus kloset meledak ini diketahui sudah banyak terjadi di dunia, tidak terkecuali di Indonesia dan telah menyebabkan beberapa cedera serius hingga harus ditangani di rumah sakit.

   Cedera tersebut berasal dari pecahan porselen yang bisa melukai siapapun yang tengah menggunakan kloset ataupun orang yang sedang ada di dalam toilet.

       Tentu saja, peristiwa mengerikan ini bisa saja terjadi pada setiap rumah dan terhadap siapapun. Seperti terbaru, peristiwa kloset meledak telah dialami oleh seorang perempuan bernama Eli (57), ia harus dilarikan ke Rumah Sakit Duren Sawit, Jakarta Timur untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

   Lantas, apakah yang penyebab terjadinya kloset meledak tersebut? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

    Berdasarkan penelusuran Suara.com, kloset bisa meledak apabila seseorang menaruh serbuk mesiu di dalam mangkuk dan bisa menyulutnya.

    Atau bisa juga menyemprotkan pengharum ruangan ke dalam mangkuk kloset dan menyalakan korek api. Namun, air yang ada di dalam mangkuk kloset merupakan jaminan untuk bisa mencegah penyalaan bahan bakar cair dan bahan peledak seperti misalnya bensin ataupun pelarut cat.

    Adapun penyebab kloset meledak lainnya yakni “badai yang sempurna”. Kondisi ini termasuk air yang memiliki tekanan hingga mencapai 60 psi dalam tangki penyimpanan dan kebocoran yang memungkinkan udara masuk ke dalam pipa air.

     Pada saat udara yang memiliki tekanan tinggi menghantam kloset saat disiram, hal ini bisa menjadikan kloset tersebut meledak.

    Terdapat sebuah kasus yang menceritakan seorang inspektur di Seattle, Amerika Serikat terlempar ke lantai karena luapan limbah yang menjadikan kloset terlepas dari lantai. Ledakan tersebut bisa disebabkan karena tekanan yang ada di saluran pembuangan kota yang disebabkan karena adanya penyumbatan.

    Ada juga penyebab kloset meledak yang dikarenakan adanya kerusakan pada salah satu sistemnya. Bahkan kloset mempunyai sistem bantuan penyiraman yang telah dirancang untuk menghemat air, tetapi sistem ini juga bisa menyebabkan kloset meledak.

     Terkhusus pada sistem yang dipasang atau dirancang Flushmate berada dalam risiko karena telah menarik hampir 2,3 juta kloset dengan adanya sistem tekanan Flushmate 3 mereka.

    Tekanan disimpan di dalam sistem dan dimaksudkan untuk mendorong air keluar dari tangki. Namun, semua tekanan dapat menyebabkan ledakan di dekat segel las.***